FANDOM

Ringkasan Syu'ab Al-Iman

image Kode: AZ-387 Harga: Rp145.000,00 Pengarang: Imam al-Baihaqi, disusun Imam Abu al-Ma'ali al-Qazwaini Penerbit: PUSTAKA AZZAM Berat: 1,0 kg

Submit

Deskripsi: Cabang-cabang iman, atau lebih dikenal dengan se- butan Syu'ab Al Iman dalam istilah agama, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Istilah ini kita kenal dari sabda Nabi shalallahu alihi wa salam ‘’Iman memiliki tujuh puluh lebih cabang, dan yang paling tinggi adalah kalimat laa ilaaha illallaah, sedangkan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu adalah bagian dari iman.’’ (HR. Al Bukhari dan Muslim) Dalam menjelaskan pernyataan Nabi shalallahu alaihi wa salam ini, para ulama telah berupaya keras menafsirkan dan memerinci satu per satu cabang-cabang iman yang dimaksud. Salah satu ulama yang peduli dengan masalah ini adalah Imam Al Baihaqi. Dalam bukunya yang berjudul Syu'ab Al Iman (Cabang-Cabang Iman), Imam Al Baihaqi memaparkan satu per satu cabang-cabang iman tersebut. Setelah itu Imam Al Qazwaini berinisiatif membuat ringkasannya, sehingga hadirlah buku yang berjudul Mukhtashar Syu'ab Al Iman (Ringkasan Syu'ab Al Iman). Buku ini merupakan ringkasan Syu'ab Al Iman yang disusun oleh Imam Al Qazwaini Asy-Syafi'i. Meskipun ukurannya kecil, namun manfaatnya sangat besar, karena penyusunnya mengumpulkan berbagai cabang iman secara rinci hingga berjumlah 77 cabang, dimulai dari penjelasan tentang mengucapkan syahadat hingga mencintai dan membenci sesuatu dari diri saudaranya sesama muslim seperti yang dialami dirinya.